Home » » Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat

Mengapa bangsa-bangsa Barat tertarik dengan kekayaan Indonesia? Kekayaan apa saja yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia? Kira-kira pertanyaan seperti itu yang terbesit dalam benak kita ketika membaca latar belakang belakang penjajahan bangsa barat di Indonesia.


        a.      
Faktor Internal

Berbagai komoditas perdagangan yang dihasilkan bangsa Indonesia itulah yang menjadi incaran bangsa-bangsa Barat seperti rempah-rempah. sejak perdagangan rempah-rempah melonjak naik di pasaran Eropa,  bangsa Eropa berlomba-lomba untuk mendapatkan daerah-daerah penghasil rempah-rempah seperti Indonesia.

Sejarah telah mencatat bahwa kepulauan Nusantara menjadi incaran pedagang-pedagang Eropa karena terkenal subur akan jenis tanaman apapun termasuk rempah-rempah. Keberadaan musim hujan dan kemarau di Indonesia memungkinkan berbagai tanaman mudah tumbuh dan berkembang di Indonesia. Untuk tanaman kebutuhan sehari-hari dapat ditanam di setiap waktu. Hal ini berbeda dengan bangsa-bangsa Eropa yang memiliki empat musim yakni musim panas, musim dingin, musim semi, dan musim gugur.

Baca Juga


b.      Faktor Eksternal

Faktor eksternal yang menyebabkan kedatangan bangsa barat ke indonesia antara lain:

  •  Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki tahun 1453
  •  Ingin membuktikan bahwa bumi itu bulat
  •  Kemajuan pengetahuan dan teknologi seperti kapal, kompas dan meriam
  • Tulisan Marcopolo dalam bukunya Book of Various experiences( keajaiban dunia) yang berisi kisah perjalanan Marcopolo yang menceritakan bahwa daerah Asia alamnya sangat indah , subur dan memiliki banyak kekayaan alam.
  •  Buku tulisan Tom Pires (Suma Orriental) yang mengatakan bahwa Asia tanahnya sangat subur dan iklimnya baik
  • Mencari rempah-rempah sebagai penghangat badan
  • Mewujudkan 3 G yaitu Gold (mencari emas/kekayaan), Glory (mencari kemuliaan/kejayaan) dan Gospel (penyebaran agama Kristen).

Faktor eksternal dan faktor internal mempengaruhi kedatangan bangsa barat ke Indonesia, kedatangan bangsa barat ke Indonesia di awali dengan kedatangan bangsa portugi dan spanyol karena pada saat itu kedua Negara tersebut merupakan Negara yang kuat di Eropa.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. LOE MENENG - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger