Home » » Letak, Luas dan Iklim Benua Asia Dan Benua Lainnya

Letak, Luas dan Iklim Benua Asia Dan Benua Lainnya

BENUA ASIA

Benua Asia dijuluki sebagai Benua terbesar dan dibagi menjadi lima wilayah, yaitu Asia Tenggara, Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur, dan Asia Selatan. Benua ini mencakup 8,7% dari total luas permukaan bumi dan terdiri dari 30% dari luas daratannya. Dengan sekitar 4,3 miliar orang, terdapat 60% dari populasi manusia dunia saat ini.

1. Letak dan Luas Benua Asia

Benua Asia terletak pada 26 derajat BT – 170 derajat BT dan 11 derajat LS – 80 derajat LU. Hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara (BBU). Hanya sebagian kecil pulau yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia.

Batas Benua Asia ialah;
- Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik.
- Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia
- Sebelah barat berbatasan dengan Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat  
  Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah
- Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.

Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luasnya mencapai 44.000.000 km2 atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa. Wilayahnya membentang dari Turki dibagian barat sampai Rusia di bagian timur. Benua Asia juga meliputi Indonesia di selatan sampai Rusia di utara mendekati kutub utara.



Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region yaitu Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Rusia. Masing-masing wilayah memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Pembagian tersebut lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan aspek fisik wilayah. Pembagian Benua Asia menjadi sejumlah wilayah atau region dapat dilihat pada peta bagan berikut ini.



2. Iklim

Secara umum di benua asia terdapat 5 macam iklim yaitu :

  • Iklim subtropis, iklim subtropis dirasakan oleh sebagian negara di wilayah asia timur seperti jepang dan korea selatan
  • Iklim tropis, iklim tropis memiliki 2 musim yaitu musim panas dan musim hujan. Dimana rentang waktu keduanya relatif stabil atau sama. iklim tropis ini dapat dirasakan negara yang berada di wilayah asia tenggara seperti indoesia.
  • Iklim gurun, memiliki musim panas yang lebih panjang dengan musim yang lainnya. Contohnya seperti negara saudi arabia
  • Iklim sedang, iklim ini memiliki curah hujan yang lebih rendah dibandiingkan dengan musim panas. Musim ini dirasakan oleh sebagian kecil negara yag berada di wilayah asia timur.
  • Iklim dingin, iklim dingiin ini memiliki kebalikan degan musim gurun, dimana pada musim ini terjadi musim dinggin sepanjang tahun contohnya di siberia (Asia Utara).


BENUA AMERIKA

Benua Amerika sering juga disebut sebagai Benua Merah. Sebutan itu didapat karena benua tersebut terdapat Suku Bangsa Indian. Suku Indian tidak berkulit merah sebenarnya kulit mereka terlihat merah karena suku indian suka melumuri kulit dengan cat berwarna merah.

1. Letak dan Luas Benua Amerika

Benua Amerika terletak pada 170 derajat BT–35 derajat BB dan 83 derajat LU–55 derajat LS.

Batas Benua Amerika ialah ;
  • Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Weddel, Samudra Atlantik, dan Samudra Pasifik
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik


Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia. Luas Benua Amerika mencapai 42.057.100 km2

Peta Benua Amerika


Secara geografis, Amerika terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia yang terletak di sekitar Amerika bagian tengah. Sejumlah ahli geografi berpendapat bahwa Meksiko masuk ke dalam wilayah Amerika Tengah.

Peta berikut menggambarkan pembagian wilayah Benua Amerika.



2. Iklim

Secara umum iklim di benua Amerika adalah sebagai berikut
  • Iklim Kutub : Kawasan Amerika Utara
  • Iklim Subtropis : Kawasan Amerika Utara dan Tengah
  • Iklim Tropis : Kawasan Amerika Tengah dan Selatan
  • Iklim Gurun : Kawasan Amerika Selatan

BENUA EROPA

Benua Eropa dijuluki sebagai benua biru. Ada dua alasan kenapa disebut benua biru. Pertama, mayoritas penduduk eropa memiliki bola mata berwarna biru. Kedua, Sejak zaman dahulu, banyak kerajaan terkenal berada di benua Eropa sehingga dikenal adanya istilah darah biru (bangsawan).

Benua Eropa secara fisik sebenarnya menjadi satu daratan dengan Asia. Keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah pegunungan yaitu Pegunungan Ural. Namun, umumnya Eropa dan Asia masing-masing dianggap sebagai benua. Alasannya, kedua benua tersebut memiliki budaya yang berbeda.

1. Letak dan Luas Benua Eropa

Benua Eropa terletak pada 9 derajat BB–60 derajat BT dan 35 derajat LU–80 derajat LU dan Luas Benua Eropa mencapai 10.355.000 km2

Batas-batas benua Eropa adalah sebagai berikut ; 
  • Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Tengah
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik
  • Sebelah timur berbatasan dengan Benua Asia



Benua Eropa terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara. Seperti terihat pada gambar di bawah ini.


2. Iklim Benua Eropa

Jika dilihat letaknya, Benua Eropa berada di luar wilayah tropis. Artinya, iklim di wilayah Benua Eropa adalah subtropis dan sedang. Karena posisinya, Benua Eropa mengalami empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin.


BENUA AFRIKA


Benua Afrika sering disebut “Benua Hitam” karena mayoritas penduduknya mempunyai kulit berwarna hitam. Sebutan ini awal mulanya digunakan oleh masyarakat Perancis yang dahulu banyak menjajah Benua Afrika. Benua Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia.

1. Letak dan Luas Benua Afrika

Benua Afrika secara astronomi terletak pada 380 Lintang Utara – 350 Lintang Selatan dan 170 Bujur Barat – 510 Bujur Timur. Dengan luas wilayah 30.224.050 km² termasuk pulau-pulau yang berdekatan, Afrika meliputi 20,3% dari seluruh total daratan Bumi.

Benua Afrika secara geografi diapit oleh Samudra Hindia dan Samudera Atlantik. Batas – batas wilayah yang dimiliki oleh Benua Afrika, sebagai berikut.
  
Sebelah Utara berbatasan dengan Laut tengah
Sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Atlantik
Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Samudera Atlantik
Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Merah dan Samudera Hindia.



2. Iklim Benua afrika


Iklim yang ada di Benua Afrika dibedakan berdasarkan lokasinya, yaitu:
1.    Daerah beriklim darat atau iklim gurun, dapat dijumpai di Afrika Utara bagian tengah yang merupakan wilayah bayangan hujan.
2.    Daerah beriklum tropis dapat dijumpai di Afrika Tengah sekitar khatulistiwa.
3.    Daerah beriklim subtropis dapat dijumpai di ujung selatan benua dan bagian utara benua, atau disekitar pantai Laut Tengah.

Angin muso barat daya bertiup dari bulan Mei – bulan Oktober dan banyak menurunkan hujan di daerha sepanjang Teluk Guinea. Angin pasat tenggara yang membawa uap air dari Samudra Hindia hanya menurunkan hujan di pantai tenggara Afrika, sehingga wilayah ini beriklim tropis basah dan hujan dapat terjadi sepanjang tahun. Di daerah khatulistiwa, pada umumnya beriklim tropis dengan hujan yang dapat turun sepanjang tahun.

BENUA AUSTRALIA

Benua Australia memiliki ciri khas akan hal-hal tersebut yang dengan mudah kita dapat mengingatnya. Benua yang terletak di sebelah selatan negara kita merupakan benua yang unik karena walaupun terletak di sebelah selatan Asia tetapi penduduknya sebagian besar adalah penduduk ras kaukasoid yang banyak berasal atau sama dengan penduduk Eropa.

1. Letak dan Luas Benua Australia

secara astronomi terletak diantara 113Bujur Timur – 1550 Bujur Timur dan 100 Lintang Selatan – 430 Lintang Selatan. Benua Australia memiliki lebar wilayah ±3.200 km.

Batas – batas wilayah Benua Australia, yaitu:

1.      Sebelah timur berbatasa dengan Samudera Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral
2.      Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia
3.      Sebelah utara berbatasa dengan Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Torres
4.      Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia.

Benua Australia terletak di selatan Indonesia. Dengan luas 8.945.000 Km2. Ditemukan oleh James Cook dari Inggris pada tahun 1770. Oleh karena itu, sampai sekarang Australia masih termasuk dalam Persemakmuran Inggris.



2. Iklim Benua Australia


Iklim di Benua Australia, berdasarkan garis lintangnya, dibagi menjadi 3 wilayah iklim, yaitu sebagai berikut.
1.    Iklim subtropis, yang terletak pada 230 Lintang Selatan – 350 Lintang Selatan dapat dijumpai di wilayah Australia bagian Selatan.
2.   Iklim sedang, yang terletak pada 350 Lintang Selatan – 440 Lintang Selatan, dapat dijumpai di selatan Victoria dan Tasmania.
3.   Iklim tropis, yang terletak pada 100 Lintang Selatan – 230 Lintang Selatan dapat dijumpai di Australia bagian utara.


Pertanyaan:
Sebutkan nama benua dan batas-batas wilayahnya?
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. LOE MENENG - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger