Home » » Interaksi Sosial

Interaksi Sosial

Salah satu ciri manusia adalah selalu hidup bersama manusia lainnya. kehidupan manusia sejak lahir di dunia sampai akhir hayat terlibat di dalam interaksi sosial. pada saat masih bayi interaksi terutama dengan ibu atau pengasuhnya. setelah besar terlibat interaksi dengan tetangga, teman-teman sepermainan, dan teman-teman sekolah. setelah dewasa terlibat interaksi dengan teman-teman seprofesi dan seterusnya.

 

Gambar 1. Interaksi Sosial

Sumber : https://i1.wp.com/www.studiobelajar.com/wp-content/uploads/2019/04/contoh-interaksi-sosial-antara-individu-dengan-kelompok.jpg?w=474&ssl=1

Diunduh pada Senin, ‎21 ‎September ‎2020, ‏‎10.51.54

 

A.  Pengertian Interaksi Sosial

Menurut Arum Sutrisni Putri (2019) menyebutkan pengertian Interaksi Sosial adalah sebagai berikut:

 

Menurut John Lewis Gillin dan John Philip Gillin dalam Cultural Sociology, a Revision of An Introduction to Sociology (1954), interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia.

 

Max Weber dalam Basic Sociological Terms (1968) menyatakan fokus kajian sosiologi adalah tindakan sosial. Menurutnya setiap tindakan individu yang ditujukan kepada individu atau kelompok lain memiliki makna yang bersifat subjektif.

 

Menurutnya setiap tindakan individu yang ditujukan kepada individu atau kelompok lain memiliki makna yang bersifat subjektif.

 

Soerjono Soekanto (1994), menjelaskan interaksi sosial adalah sebuah proses sosial yang mempunyai hubungan dengan berbagai cara berhubungan. Baik sesama individu maupun kelompok tertentu, yang bertujuan untuk membangun sistem dalam sebuah hubungan sosial.

 

Manusia melakukan interaksi sosial dalam kehidupannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan pokok ( sandang, pangan dan papan), kebutuhan dan ketertiban, kebutuhan akan pendidikan dan kesehatan, kebutuhan kebutuhan akan kasih sayang.

 

 

B.    Jenis Interaksi Sosial

Puti Yasmin (2020), Ada tiga jenis interaksi sosial dalam masyarakat, yakni interaksi sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

1.   Interaksi individu dengan individu dapat bersifat positif maupun negatif. Contoh interaksi sosial positif adalah kegiatan ibu membantu anaknya belajar. Kemudian, contoh negatif adalah peperangan atau perkelahian antara dua kelompok atau negara.

2. Interaksi individu dengan kelompok terjadi ketika seorang pelatih sepak bola menerangkan strategi bertanding dengan para pemainnya. Nantinya, para pemain akan sesekali bertanya, dan mengajukan usulan.

3.   Interaksi kelompok dengan kelompok, misalnya persatuan pemuda dari berbagai daerah bertemu untuk membahas acara kongres pemuda nasional. Semua kelompok akan mengajukan saran acara yang ingin ditampilkan.

C.  Proses Interaksi Sosial

Menurut Setiawan dKK (87: 2016) berlangsungnya suatu proses interaksi sosial didasarkan pada beberapa faktor, antara lain sebagai berikut:

a.  Faktor imitasi merupakan proses seseorang mencontoh orang lain atau kelompok. contohnya seorang anak perempuan bermain masak-masakan karena melihat ibunya pada saat memasak di dapur.


b.  Faktor sugesti merupakan pengaruh yang dapat menggerakkan hati orang, sugesti dapat dikatakan sebagai keyakinan seseorang atau sesuatu hal. contohnya seorang pasien yang akan berobat ke dokter, pasien tersebut akan cepat mengalami penyembuhan salah satunya disebabkan adanya rasa sugesti pada dokter tersebut.


c.   Faktor identifikasi merupakan kecenderungan kecenderungan atau keinginan keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. contohnya seorang anak yang mengidolakan permainan bola sehingga semua tingkah laku idolanya akan dilakukan.


d. Faktor Simpati merupakan kemampuan untuk merasakan diri seolah-olah dalam keadaan orang lain dan ikut merasakan apa yang dilakukan, dialami atau diderita orang lain. Contohnya pada saat ada tetangga kita yang tertimpa musibah, maka kita akan merasakan kesedihan dan berusaha membantunya.


e.  Empati adalah kemampuan dengan berbagai definisi yang berbeda yang mencakup spektrum yang luas, berkisar pada orang lain yang menciptakan keinginan untuk menolong sesama, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, mengaburkan garis antara diri dan orang lain.

 

D.  Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Proses interaksi sosial akan terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi melakukan kontak sosial dan komunikasi. kontak sosial dan komunikasi sosial merupakan syarat terjadinya interaksi sosial. kontak sosial dapat dilakukan melalui surat-menyurat, telepon, SMS, dan lain-lain.


Gambar 2. Kontak Sosial


Sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4LHq5FTDplbcH3KSSpz44zpDOgZs7NX2uUSLSDAcmMNPv04UAu1yXY6dbd6oyGR7ifts_QlBUQdPWjuBEeMGlCERVkyGMiNU_sQonXkU9eRFQbEPu5pf5Yv57Wp4mnSRkUYbPxIZftrw/s1600/Bagaimana+balasan+ucapan+salam+oleh+Rita.jpg

Diunduh pada Senin, ‎21 ‎September ‎2020, ‏‎10.53.58

 

Fahri Abdillah (2018), interaksi sosial terjadi ketika memenuhi dua syarat, yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi.

 

1. Kontak Sosial

 

Kontak sosial langsung (kontak sosial primer) merupakan hubungan timbal balik antarindividu atau antarkelompok yang terjadi secara fisik (tatap muka). Misalnya, berbicara dan berjabat tangan.

 

Kontak sosial tidak langsung (kontak sosial sekunder) merupakan hubungan timbal balik antarindividu atau antar kelompok melalui perantara, seperti komunikasi melalui media seperti telepon, chatting, ataupun menyampaikan pesan lewat orang lain.

 

 2. Komunikasi

 

Komunikasi verbal merupakan bentuk komunikasi secara lisan maupun tertulis seperti berbicara dan surat-menyurat.

 

Komunikasi nonverbal merupakan bentuk komunikasi dengan menggunakan simbol-simbol atau gestur tubuh, seperti menyapa teman dengan melambaikan tangan.

 

E.  Ciri-ciri Interaksi Sosial

Tidak semua tindakan manusia merupakan interaksi sosial, tindakan sosial bagaimana yang dapat dikatakan sebagai interaksi sosial? suatu tindakan manusia dikatakan sebagai interaksi sosial apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut!

1.      Jumlah pelaku jumlah pelakunya lebih dari seorang, biasanya dua atau lebih.

Pelaku interaksi sosial harus lebih dari satu orang karena interaksi akan terjadi jika ada komunikasi antara 2 pihak / orang.


2.      Berlangsung secara timbal balik

Seseorang memberi aksi atau tindakan, syarat terjadinya interaksi bila tindakan tersebut di respon orang lain.


3.      Adanya komunikasi antar pelaku dengan menggunakan simbol-simbol yang disepakati

Simbol disini artinya Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi, Simbol ini harus dipahami oleh masing-masih pihak yang berinteraksi sehingga komunikasi berjalan dengan lancar.


4.      Adanya suatu tujuan tertentu

Kedua belah pihak yang berinteraksi tentunya memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Tidak selalu diantara kedua pihak memiliki tujuan yang sama, interaksi ini bisa mengarah pada kerja sama ataupun mengarah pada pertentangan.

(Sumber : Setiawan dKK. 88: 2016)

 

Berlangsungnya interaksi sosial di dalam masyarakat terdapat aturan yang mengatur perilaku manusia dalam berinteraksi. aturan Apa sajakah yang menuntun perilaku manusia pada saat mereka berinteraksi? jenis aturan yaitu aturan mengenai ruang, mengenai waktu, dan mengenai gerak dan sikap tubuh.

 

Aturan mengenai ruang dimana terjadinya interaksi sosial tersebut, misalnya Interaksi yang terjadi di rumah antara orang tua dengan anak atau anak dengan anak. Aturan mengenai waktu yaitu mengenai Kapan interaksi sosial itu terjadi, misalnya interaksi sosial dulu dan sekarang. aturan mengenai gerak dan sikap tubuh yaitu berinteraksi dengan gerak tubuh seperti menganggukan kepala, mengacungkan ibu jari, mengangkat bahu dan sebagainya.




DAFTAR PUSTAKA

 

1.      Setiawan dKK, 2016, Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs. Pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang, Kemendikbud-Jakarta

 

2.      Arum Sutrisni Putri, 2019, Interaksi Sosial: Pengertian, Syarat, Ciri, Jenis, dan Faktornya

Diunduh pada : 19 September 2020, sumber : https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/10/161818569/interaksi-sosial-pengertian-syarat-ciri-jenis-dan-faktornya?page=all

 

3.      Puti Yasmin, 2020, Contoh Interaksi Sosial, Pengertian, dan Jenisnya Lengkap

Diunduh pada 20 Setember 2020. Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5076202/contoh-interaksi-sosial-pengertian-dan-jenisnya-lengkap

 

4.      Fahri Abdillah, 2018. Apa Itu Interaksi Sosial?

Diunduh pada 20 September 2020. Sumber: https://blog.ruangguru.com/apa-itu-interaksi-sosial

 

5. Sumber Gambar 1 :https://i1.wp.com/www.studiobelajar.com/wp-content/uploads/2019/04/contoh-interaksi-sosial-antara-individu-dengan-kelompok.jpg?w=474&ssl=1

Diunduh pada 21 September 2020

 

6.      Sumber Gambar 2 :https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4LHq5FTDplbcH3KSSpz44zpDOgZs7NX2uUSLSDAcmMNPv04UAu1yXY6dbd6oyGR7ifts_QlBUQdPWjuBEeMGlCERVkyGMiNU_sQonXkU9eRFQbEPu5pf5Yv57Wp4mnSRkUYbPxIZftrw/s1600/Bagaimana+balasan+ucapan+salam+oleh+Rita.jpg

Diunduh pada 21 September 2020

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. LOE MENENG - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger