Home » » Cara membuat forum diskusi di google classroom

Cara membuat forum diskusi di google classroom

Pada era pandemi seperti sekarang ini, pembeajaran daring (online) menjadi keharusan sehingga banyak platform-platform yang berkembang dan menjadi salah satu alternatif untuk pembelajaran daring. Salah satu platform yang bisa di gunakan untuk pembelajaran online adalah Google Classroom atau sering disebut dengan GC.

Kebanyakan guru memanfaatkan google classroom hanya sebagai tempat atau kelas untuk membagikan tugas atau bahkan hanya untuk menginformasikan hal-hal tertentu kepada peserta didiknya, padahal di balik kemudahan dalam penggunaan google classroom ada salah satu fasilitas yang bisa di maksimalkan yaitu pada bagian forum.

 
Baca juga

  1. Cara membuat kolom widget diatas postingan
  2. Cara membuat tabel di HTML
  3. Cara menambahkan sidebar pada HTML

Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang interaktif dan guru sebagai fasiitator. oleh karena itu, kegiatan diskusi ada dalam setiap pembelajaran yang berlangsung. Google classroom salah satu platform yang bisa digunanakan untuk membuat forum diskusi kelompok, langsung saja kiita lihat caranya bagaimana.

Langkah 1.

Buka google classroom seperti biasanya, bebas melalui webbrowser atau aplikasi. disini saya akan membuka lewat webbrowser.

Google classroom

Langkah 2.

Setelah masuk pada google classroom akan nampak tampilan seperti biasanya, sekarang pilih kelas mana yang akan melakukan diskusi. Misal disini yang dipilih adalah kelas 8F pada mata pelajaran IPS.

Google classroom

Langkah 3.

Setelah masuk kedalam kelas yang diinginkan, maka otomatis akan masuk kebagian forum, lah pada bagian forum klik pada bagian semua siswa sehingga akan muncul semua siswa yang ada di kelas itu kemudian hilangkan centangnya, langkah selanjutnya yaitu pilih siswa yang termasuk dalam kelompok tersebut dengan cara klik sehingga muncul ceklis pada siswa yang di tuju. Jika sudah selesai tinggal klik dibagian luar dari nama-nama siswa tersebut.

Google classroom
Langkah 4. 

Jika langkah diatas sudah dilakukan dengan benar maka akan tampak seperti pada gambar dibawah ini, selnjutnya tinggal tuliskan topik atau permasalahan yang akan di diskusikan oleh kelompok tersebut. untuk melakukan diskusi, siswa bisa mereplay atau menjawab pada bagian bawah postingan.

Topik yang di bahas kelompok tersebut serta diskusi seperti apa, maka kelompok lain tidak akan melihatnya.

Google classroom


Sekarang forum diskusi utuk kelas yang dipilih sudah siap, tinggal siswa nya melakukan diskusi. Guru bisa memantau atau bahkan bisa memberi komentar dalam diskusi tersebut dengan ikut mereplay nya.

Demikian tutorial singkat mengenai cara membuat forum diskusi di google classroom, mudahkan. selamat mencoba.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. LOE MENENG - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger