Home » » Rencana Pembangunan Waduk Karanganyar

Rencana Pembangunan Waduk Karanganyar

Pemerintah kabupaten pemalang berencana membangun sebuah waduk di kecamatan bantarbolang dengan nama "waduk karanganyar", kendati bernama waduk karanganyar akan tetapi rencananya pembangunan waduk tersebut di bangun di sungai comal yang berada di desa banjarsari kecamatan bantarbolang.


Rencana pembangunan waduk ini berdampak pada 3 desa yaitu desa banjarsari, desa wanarata dan desa suru. Ketiga desa tersebut diperkirakan akan terendam oleh debit air dari waduk karanganyar tersebut, akan tetapi desa yang terdampak parah adalah desa wanarata, dimana desa wanarata akan terbelah menjadi 2 yaitu sebelah barat dan sebelah timur.

Di desa wanarata ada 3 dukuh yang diperkirakan terendam yaitu dukuh gudang, dukuh lenggak dan dukuh kedungsambi, dengan terendamnya ketiga dukuh tersebut maka akses dari timur yaitu dukuh mulyoharjo, dukuh karang pucung, dukuh kebobung (desa suru) dan dukuh pengindangan (desa suru) akan terputus total karena satu-satunya akses terdampak air bendungan.

Belum lagi desa wanarata sendiri yang nantinya akan terisolasi dan kemungkinan besar akan menjadi desa yang mati karena sampai saat ini belum ada ketentuan akses yang diterangkan oleh pihak-pihak terkait mengenai jalan baru yang menuju desa wanarata dan beberapa dukuh lainnya.

Jika dilihat dari perekonomian, pendidikan, sosial dan budaya, desa wanarata merupakan salah satu desa di kecamatan bantarbolang yang tergolong maju sehingga dengan adanya pembangunan waduk tesebut akan menambah buruknya perekonomian di kabupaten pemalang.

Dukuh-dukuh yang terdampak dari pemabanguan waduk karanganyar tersebut menolak adanya pembangunan waduk tersebut apa lagi setelah adanya pertemuan di balai desa wanarata, ada beberapa pertanyaan dari warga yang terlontar salah satunya yaitu, jika pembangunan waduk tersebut terjadi maka kami "yang terdapak akan di relokasi kemana?" "Bagaimana dengan ganti rugi", pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak bisa di jawab secara pasti oleh paitia pembanguan waduk, hal ini menandakan bahwa pembanguan waduk ini terkesan tergesa-gesa, jika tergesa-gesa maka akan ada tanda tanya besar "ada apa dibalik pembanguan waduk tesebut?" Jawabannya "hanya mereka yang tahu".

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. LOE MENENG - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger